Materi BAB 6

Penerapan Aplikasi Internet
Aplikasi internet ada berbagai macam, beberapa di antaranya adalah e-mail, milis, dan chatting. Masing-masing aplikasi mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Dengan e-mail kita dapat menghemat waktu, tenaga, dan uang untuk bertukar informasi dengan rekan-rekan kita di berbagai belahan dunia dengan mudah. Milis membantu kita berdiskusi lebih mudah dan lebih cepat mendapat respon dari anggota lainnya. Selain itu, informasi yang didapat lebih banyak dan beragam. Chatting memungkinkan kita berinteraksi dengan orang lain melalui pesan yang langsung dapat diterima dan dibalas oleh orang lain.

A.   Pengertian E-Mail
Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah electronic mail dan sering disingkat dengan e-mail adalah surat yang berbentuk elektronik. Email merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan e-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Dengan e-mail kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya untuk mengakses internet pada saat kita mengirimkan e-mail tersebut.

1.      Membuat E-mail di Situs Yahoo
Agar seseorang mempunyai alamat e-mail, maka dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.    Bukalah Internet Browser kalian, misalnya Internet Explorer. (dapat juga menggunakan Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan sebagainya).
b.   Masuk di halaman situs http://mail.yahoo.com
c.    Setelah itu klik Sign Up.
d.   Kalian diharuskan untuk mengisi form registrasi yang telah disediakan YahooMail secara lengkap.
e.    Form registrasi tersebut adalah sebagai berikut:
1)      Mengisi My Name.
First Name adalah nama depan kalian dan Last Name adalah nama belakang kalian. Jika seorang hanya mempunyai nama satu kata saja, maka First Name dan Last Name ditulis dengan nama yang sama.
2)      Mengisi Gender. Pilihlah Male untuk jenis kelamin laki-laki atau Female untuk jenis kelamin perempuan.
3)      Mengisi Birthday (tanggal kelahiran). Select Month (bulan kelahiran), Day (tanggal lahir), dan Year (tahun lahir). Isi sesuai dengan tanggal kelahiran kalian.
4)      Mengisi I Live in. Pilihlah Indonesia.
5)      Mengisi Postal Code (kode pos). Isikan kode pos tempat tinggal Kita.
6)      Mengisi YahooID and Email.
Isikan nama e-mail kalian. Pilih nama e-mail yang mudah diingat. Misalnya, kita menggunakan nama poss_ub, maka secara otomatis nama e-mail kita adalah poss_ub@yahoo.com YahooID terdiri. dari huruf a-z, angka 0-9, dan atau penghubung garis bawah (underscores).
7)      Mengisi Password dan Re-type Password.
Isi passwordnya dengan karakter huruf, angka, atau gabungan dari keduanya. Password tidak boleh lupa, karena jika seandainya lupa, maka kita nanti akan kerepotan dan tidak dapat membuka alamat email yang kita buat. Tulislah password kalian pada kolom Password dan Re-type Password dengan password yang sama.
8)      Mengisi Alternate E-mail (optional): Tidak wajib diisi atau boleh diisi jika sudah punya alamat e-mail lain.
9)      Mengisi Security Question. Digunakan apabila kita lupa terhadap password. Kita dapat mengikuti petunjuk dengan security tersebut. Misalkan, kita memilih Security Question: What is the last name of your favorite musician? Kemudian, jawablah pada kolom Your Answer, misalnya: kerispatih.
10)  Mengisi Type the code shown. Isikan dengan kode yang tertulis pada kotak yang ada di bawahnya, sama persis. Kode yang tertulis adalah LrMJu, kemudian diisikan pada kolom Type the code shown.
f.    Setelah semuanya selesai, maka beri tanda √ pada Do you agree?
g.    Klik Create My Account.
h.   Jika berhasil, maka kalian akan masuk ke halaman
i.     Selanjutnya klik Continue. Dan E-mail pun siap digunakan.

2.      Melihat Isi E-mail Yahoo
Untuk melihat isi suatu e-mail, maka ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
a.    Masuk di halaman situs YahooMail ( http://mail.yahoo.com ).
b.   Selanjutnya akan muncul menu.
c.    Isilah Yahoo ID dan juga Password-nya, kemudian tekan enter.
d.   Setelah berhasil sign in, klik check e-mail.
e.    terlihat ada 2 surat yang masuk. Untuk melihat isi surat tersebut, maka klik pada tulisan di bawah Subject.

3.      Mengirim E-mail
Untuk mengirimkan suatu e-mail, maka ikuti langkah-langkah sebagai berikut.
a.    Masuk di halaman YahooMail http://mail.yahoo.com
b.   Selanjutnya akan muncul menu.
c.    Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya, kemudian klik sign in.
d.   Klik New.
e.    Isikan To (alamat tujuan e-mail), Subject (judul e-mail), dan isi e-mail yang akan dikirimkan.
f.    Form yang wajib diisi adalah To (kepada siapa e-mail akan dikirimkan), Subject, dan isi e-mail/pesan yang akan dikirimkan ke alamat tujuan. Kolom Cc boleh kalian kosongkan. Setelah semuanya lengkap, maka klik Send.

4.      Attach File
Di dalam e-mail ada fasilitas yang namanya attach yang artinya kita dapat melampirkan atau menambahkan file tambahan pada e-mail tersebut. Kita dapat menambahkan file yang berupa tulisan atau gambar atau gabungan dari keduanya. Untuk dapat melakukan attach file, langkahnya sebagai berikut:
Ø Masuk di halaman YahooMail ( http://mail.yahoo.com ).
Ø Ketik YahooID dan juga Password kalian. Tekan enter.
Ø Isilah form yang telah disediakan, kemudian klik tombol Attach.
Ø Pilih/Klik file yang akan di-Attachkan, kemudian klik Open.
Ø Setelah file yang akan di-Attach dipilih, proses Attach Files akan berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
Ø Setelah proses Attach Files selesai, kalian dapat klik Send untuk mengirim file yang kalian Attachkan ke alamat tujuan. Selain Yahoo! mail, ada layanan e-mail lain dalam dunia internet seperti gmail (google mail), hot mail, dan plasa.
5.      Etika Mengirimkan E-mail
Sebagai alat komunikasi, penggunaan e-mail juga harus mematuhi etikaetika agar komunikasi yang dilakukan berjalan dengan baik. Komunikasi yang tidak disertai dengan etika akan menyebabkan tujuan komunikasi tidak tercapai. Bentuk komunikasi lewat e-mail berbeda dengan bentuk komunikasi biasa yang kita kenal selama ini. Komunikasi biasa mempunyai etika sendiri, demikian juga berkomunikasi dengan menggunakan e-mail. Beberapa etika mengirim e-mail yang perlu kita terapkan adalah sebagai berikut.
a.      Salam pembuka
Salam pembuka dapat berupa formal ataupun tidak formal, tergantung penerima e-mail.
b.      Perkenalkan diri
Jika orang yang kita kirimi e-mail adalah orang yang tidak kenal dengan kita, sebaiknya kita memperkenalkan diri terlebih dahulu.
c.       Langsung ke pokok permasalahan
Membaca e-mail yang terlalu panjang dapat membosankan. Oleh karena itu, usahakan agar e-mail yang kita tulis tepat pada sasaran dan tidak bertele-tele, sehingga tidak perlu terlalu panjang
d.      Jawablah semua pertanyaan
Jika kita membalas e-mail, usahakan agar semua informasi yang ditanyakan kita jawab. Bila kita tidak tahu, jawablah dengan tidak tahu. Pertanyaan yang kita abaikan dapat membuat orang lain merasa tidak diperhatikan dan mungkin saja pertanyaan yang sama akan ditanyakan lagi.
e.       Lakukan pengeditan
Sebelum mengirim e-mail, kita sebaiknya mengedit kembali tulisan email kita. Kalimat yang tidak sesuai atau kesalahan dalam penulisan yang kita biarkan dapat memberikan kesan yang tidak baik bagi penerima email.
f.        Gunakan subjek yang sesuai
Subjek atau judul yang sesuai dengan isinya akan memudahkan penerima e-mail menangkap informasi yang ingin kita sampaikan karenaudul e-mail akan langsung membuka pikiran penerima akan topik yang kita bahas.
g.      Jangan melakukan spam
Mungkin saja kita tidak sengaja melakukannya. Banyak orang tidak menyadari jika mereka menggunakan alamat-alamat e-mail yang mereka peroleh dari forwarded e-mail, kemudian menggunakannya tanpa permisi. Hal ini termasuk bentuk spam.
h.      Jangan melampirkan file yang tidak perlu
Sering kali kita lupa menghapus file attachment pada saat memforward atau mereply e-mail. File tersebut akan membuat kotak penerima e-mail menjadi penuh.
i.        Gunakan huruf besar seperlunya
Dalam penulisan e-mail, kita tidak boleh menggunakan huruf besar semua. Menulis dengan mengaktifkan huruf besar dapat diartikan sebagai pertanda kemarahan atau kita sedang berteriak-teriak, oleh karena itu gunakan huruf besar seperlunya saja.
j.        Jangan terbawa emosi
Jika kita menerima e-mail yang kurang menyenangkan, jangan membalas saat itu juga. Kita perlu memikirkan maksud sebenarnya. Kita sebaiknya menunggu beberapa waktu sebelum membalasnya. Hal itu akan membuat emosi kita mereda. Dengan demikian, kita dapat berpikir dan bertindak dengan kepala dingin.


Konsep e-mail sama dengan pengiriman surat melalui pos. Masingmasing orang mempunyai kotak pos sendiri dengan alamat tersendiri. Kita tinggal mengirimkan surat ke kotak pos tertentu dengan alamat tertentu pula. Kemudian si penerima akan membuka kotak posnya dan menemukan surat yang kita kirim. Demikian juga e-mail, masing-masing orang mempunyai alamat e-mail sendiri-sendiri. Jika kita ingin mengirimkan e-mail, kita tinggal mengirimkan ke alamat e-mail orang tersebut. E-mail kita akan ditemukan ketika orang tersebut masuk ke kotak e-mailnya. Dilihat dari layanan yang diberikan, ada tiga jenis email yang digunakan saat ini, yaitu POP Mail, E-mail berbasis web, dan E-mail forwarding.

a.      POP Mail
POP mail adalah e-mail yang diterima melalui internet service provider yang menjadi langganan kita. Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian  mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu per satu e-mail yang diterima. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembai komputer ke internet dan kemudian mengirimkan balasan e-mail yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses menjadi lebih murah. Untuk mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan mengirimkan balasannya, kita harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express di komputer yang digunakan. Agar program itu dapat digunakan, kita harus melakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu. Kekurangan dari POP Mail adalah kita tidak dapat membuka email dari sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika kita menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya berdasarkan besar file yang didownload, bukan berdasarkan lama koneksi, biaya yang dikeluarkan akan lebih besar.
b.      E-mail berbasis web
E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website penyedia jasa layanan e-mail, seperti yahoo, hotmail, bolehmail, lovemail, plasa.com, dan lain-lain. Layanan e-mail jenis ini biasanya diberikan secara gratis oleh website yang bersangkutan. Ini merupakan kelebihan dari e-mail berbasis web. Selain itu, kita dapat mengecek e-mail dari mana saja. Kekurangan dari e-mail jenis ini adalah kita dapat membaca e-mail hanya dalam kondisi online, sehingga membutuhkan biaya koneksi ke internet yang lebih besar. Walaupun demikian, beberapa website penyedia jasa layanan e-mail juga disertai dengan fasilitas POP3.
c.       E-mail forwarding
E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterimanya ke alamat email yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka ganti-ganti alamat e-mail. Kelebihan e-mail forwarding adalah kita dapat menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. Selain itu, bila kita mengganti alamat e-mail, kita tidak perlu memberi tahu alamat e-mail yang baru. Kita cukup memberikan alamat e-mail forwardingnya. Kekurangan e-mail jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan hanya meneruskan e-mail yang diterima ke alamat lain, e-mail tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.
B.   Milis (Mailing List)
Sebuah e-mail tidak hanya dapat dikirim kepada satu orang saja, melainkan dapat dikirim ke sejumlah orang yang tergabung dalam member (anggota) suatu milis.

1.      Pengertian Mailing List
Mailing list merupakan salah satu fasilitas internet untuk berdiskusi melalui e-mail. Kelompok diskusi mailing list ada banyak sekali dan dibagi menjadi 2 kategori.
o   Berdasarkan topik, topik mailing list beraneka ragam mulai dari tentang hobi memelihara ikan sampai penelitian tentang NASA, biasanya mailing list ini terbuka untuk umum.
o   Berdasarkan kelompok tertentu, misalnya mailing list Medan-Linux, HMI, Alumni-Binus, KAMMI, BEM, dan lain-lain. Biasanya mailing list ini tertutup atau hanya untuk anggota saja.
Ada banyak sekali manfaat dan keuntungan yang akan kita peroleh dengan aktif di berbagai diskusi di internet. Minimal sekali kita akan bertambah ilmu dan teman. Akan lebih baik jika kita dapat menjawab beberapa pertanyaan yang ada di mailing list. Seseorang yang secara konsisten dapat menjawab dengan baik berbagai pertanyaan akan menjadi panutan bagi banyak rekan-rekan lain di mailing list.

 Pada saat ini ada dua (2) tempat mailing list terbesar di dunia, yaitu sebagai berikut.
a.    Yahoogroups – http://groups.yahoo.com/
b.   Googlegroups – http://groups.google.com/

Ada beberapa server mailing list di Indonesia, dua (2) Server mailing list yang cukup besar adalah sebagai berikut.
a.    http://itb.ac.id/ – berlokasi di ITB.
b.   groups.or.id, http://groups.or.id – berlokasi di CBN.

Logika penggunaan mailing list sangat sederhana, yaitu sebagai berikut.
a.    Pengguna berlangganan ke sebuah mailing list, misalnya dengan cara mengirim e-mail ke alamat topikdiskusi-subscribe@yahoogroups.com
b.   Diskusi akan dikirimkan ke alamat e-mail oleh mailing list server.
c.    Jika kita ingin bertanya atau berkomentar dapat dilakukan dengan mengirimkan e-mail ke alamat topikdiskusi@yahoogroups.com

Beberapa contoh alamat mailing list yang akan sangat bermanfaat untuk berdiskusi masalah teknologi informasi adalah sebagai berikut.
a.    tanya-jawab@linux.or.id - Teknologi Linux dan Open Source.
b.   indowli@yahoogroups.com - Teknologi internet murah menggunakan radio.
c.    orari-news@yahoogroups.com – Teknologi Amatir Radio.
d.   yogyafree-perjuangan@yahoogroups.com – Teknik Keamanan Jaringan.

Dalam dunia pendidikan juga terdapat mailing list yang khusus membahas masalah pendidikan. Mailing list dunia pendidikan adalah sebagai berikut.
a.    dikmenjur@yahoogroups.com – dari pendidikan menengah kejuruan.
b.   jardiknas@yahoogroups.com – untuk jaringan pendidikan.
2.      Pendaftaran Mailing List
Mailing list diatur oleh server mailing list. Server atau penyedia mailing list gratis yang paling terkenal adalah Yahoogroups. Untuk mengikuti mailing list, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Cara pendaftaran mailing list ada dua cara yaitu via web dan via e-mail.
a.      Via web
Pendaftaran mailing list melalui web, misalnya mailing list di Yahoogroups sebagai berikut.
1)      Buka homepage milis di http://groups.yahoo.com
2)      Misalnya nama milis ilmukomputer.com, maka url homepage milis di http://groups.yahoo.com/group/ilmukomputer .
3)      Kemudian, klik Join untuk mendaftar dan ketik alamat e-mail kalian.
b.      Via e-mail
Pendaftaran mailing list melalui e-mail caranya dapat diuraikan sebagai berikut. Kirim e-mail ke namamilis- subscribe@yahoogroups.com . Misal nama milisnya temanggung, maka kirim e-mail ke temanggung@yahoogroups.com . Setelah mendaftar mailing list (baik via web atau via e-mail), maka secara otomatis server mailing list akan mengirim e-mail konfirmasi kepada subscriber (pendaftar). Cek segera inbox e-mail kalian, bila pendaftaran yang pertama berhasil maka akan ada message dari ‘Yahoo Groups’ dengan subject ‘Please Confirm Your..’. Segera balas email tersebut apa adanya (tanpa dikotak-katik). Bila berhasil, kita telah menjadi subsciber (anggota mailing list).
3.      Membuat Mailing List Sendiri di Yahoo
Jika kalian sudah mempunyai e-mail, maka kalian dapat membuat mailing list sendiri dengan langkah-langkah sebagai berikut.
a.    Buka url http://groups.yahoo.com
b.   Setelah muncul tampilan seperti di atas, maka klik “Sign In” jika kita sudah mempunyai account di Yahoo. Jika tidak, maka pilih “Click here to register“ untuk mendaftar. Perintahnya sama ketika kita membuat e-mail di Yahoo.com.
c.    Jika kita ingin membuat group milis sendiri, maka klik “Start a new Group!“ dan pilih kategori milis yang ingin kalian buat pada Browse Group Categories, sesuaikan dengan pilihan yang disediakan. Misalnya Programming Languages dan seterusnya.
d.   Setelah selesai, maka klik “Place my group here”.
e.    Masukkan nama grup pada kolom Group Name.
f.    Masukkan e-mail kalian pada kolom Enter Your Group E-mail Address.
g.    Isikan deskripsi dari milis kalian pada kolom Describe Your Group, berupa salam pembuka untuk milis yang dimaksud.
h.   Setelah selesai maka klik Continue untuk masuk ke step berikutnya.
i.     Isikan Word Verification seperti pada gambar, kemudian dan klik Continue.
j.     Jika berhasil, maka akan ditampilkan nama milis yang telah kita buat. Lalu lanjutkan untuk membuat konfigurasi milis kalian dengan mengklik “Customize Group” atau jika ingin standar, maka langsung saja ajak rekan-rekan kalian untuk bergabung di milis kalian dengan mengklik “Invite People“.
4.      Membuka dan Menjawab Diskusi Mailing List
Apabila kalian telah menjadi anggota mailing list, maka kotak masuk email kalian akan dibanjiri dengan e-mail mengenai diskusi yang dilakukan oleh anggota milis lain. Langkah-langkah untuk membuka dan menjawab diskusi milis adalah sebagai berikut.
a)   Pada halaman inbox, buka mailing list yang masuk dengan cara mengklik judul mailing list tersebut. Ciri e-mail mailing list ilmukomputer adalah judul e-mailnya diawali dengan Subject:[ilmukomputer], OOT: Hasil Kloning PC.
b)   Isi e-mail mailing list akan segera tampil pada halaman web.
c)   Untuk membalas e-mail tersebut, kilk ikon Reply.
d)   Selanjutnya akan muncul halaman seperti halaman compose, hanya bedanya pada To dan Subject sudah ada tulisan, kalian tidak perlu merubah kolom tersebut.
e)   Ketiklah kata-kata balasannya, kemudian klik Send.
5.      Etika dalam Milis
Milis sebagai alat komunikasi dalam sebuah kelompok mempunyai beberapa aturan tambahan yang perlu diperhatikan. Berikut ini ada beberapa etika yang perlu diperhatikan dalam diskusi di mailing list.

a.   Tidak mengganti subjek saat diskusi sudah berganti topic
Seorang anggota yang tidak mengganti subjek saat diskusi berganti topik akan dapat menyebabkan anggota milis yang lain menjadi kesal. Anggota milis lain mungkin ingin melihat tanggapan si pengirim pada topik yang sedang dibahas sesuai dengan subjek dan ternyata topik sudah berganti ke masalah yang lain.
b.   Mengirim file besar kepada teman atau rekan kerja
Mengirimkan file-file yang besar melalui e-mail sering kali terasa mengganggu. Hal ini akan membuat kotak surat penerima e-mail menjadi penuh.
c.    Posting ke milis padahal seharusnya jalur pribadi
Kesalahan yang sering terjadi di milis adalah adanya anggota milis yang ingin mengobrol dengan seseorang, namun e-mail yang dikirimkan bukan ke alamat pribadi orang tersebut, melainkan ke alamat milis. Hal tersebut sering terjadi karena pengirim hanya tahu menekan tombol reply dan langsung klik send. Mengirimkan e-mail ke milis padahal e-mail tersebut bersifat pribadi atau hanya ditujukan untuk orang tertentu akan membuat kesal anggota milis yang lain. E-mail tersebut akan memenuhi kotak surat anggota milis.
d.   Mengirim ulang e-mail
Mengirimkan e-mail berulang-ulang biasanya dilakukan oleh orangorang yang mengirimkan pertanyaan kepada anggota milis. Namun, karena tidak ada tanggapan dari anggota milis, orang tersebut kemudian mengirimkan kembali e-mail dengan isi yang sama. Hal tersebut dilakukan karena pengirim khawatir e-mailnya tidak sampai. Kebiasaan seperti ini akan membuat jengkel penerima e-mail. Kita perlu menyadari bahwa milis adalah sarana diskusi yang sukarela, jadi kita tidak perlu mengirimkan email yang sama berulang-ulang.
e.    Memposting topik yang tidak pada tempatnya
Kita harus menyadari bahwa milis mempunyai anggota yang berbeda latar belakang. Jika kita ingin membahas hal-hal di luar topic yang seharusnya, sebaiknya kita mencari komunitas yang tepat, yang mempunyai latar belakang yang sama dengan kita.

C.   Chatting
Chatting merupakan media komunikasi yang umumnya digunakan olehcanak muda untuk berbagai tujuan. Manfaat yang dapat kita peroleh melaluicchatting, antara lain bertambahnya sahabat atau teman baik dalam negeri maupun luar negeri, belajar bahasa asing jika orang yang teman chatting kita berasal dari luar negeri, serta bertambahnya pengetahuan karena banyak orang berwawasan luas menggunakan media ini.

1.      Chatting Menggunakan Yahoo Messenger
Sebelum menggunakan Yahoo Messenger, kita harus sudah memiliki account di Yahoo. Berikut adalah langkah-langkah untuk chatting dengan orang lain.
a.       Aktifkan Yahoo Messenger
b.      Klik menu Login.
c.       Masukkan Yahoo ID dan Password kita
d.      Klik Chat, maka akan tampil ruang chat (chat room) dan kalian dapat memilih room mana yang kalian inginkan.
e.       Setelah memilih salah satu room, maka kalian dapat mengirimkan Personal Message (PM) kepada satu atau beberapa ID yang tertera dengan cara mengklik double ID tersebut

2.      Menambah Friend List
Melalui chatting, kita dapat menambah teman sebanyak-banyaknya. Untuk menambahkan daftar teman pada Yahoo Messenger kalian, lakukan langkah-langkah di bawah ini.
  1. Klik satu atau beberapa ID
  2. Klik Tambahkan Pengguna, kemudian klik Tambah sebagai Teman.
  3. Klik Berikutnya, kemudian klik Selesai.

3.      Melihat Profile (View Profile)
Menu View Profile pada Yahoo Messenger bertujuan untuk melihat profil dari ID yang dimaksud. Pada tampilan Personal Messenger (PM), lakukanlah langkah-langkah berikut.
  1. Klik Friend.
  2. Klik View Profiles, tunggulah beberapa saat, maka profil akan ditampilkan dalam browser (Internet Explorer).

4.      Mengirim File
Jika kalian ingin mengirimkan file kepada ID tertentu, maka dapat dilakukan melalui Personal Messenger PM dengan cara sebagai berikut.
  1. Klik Friend.
  2. Klik Send File.
  3. Klik Browse, pilih di mana file yang akan dikirimkan.
  4. Setelah selesai, klik Send.
Setelah langkah tersebut, maka proses pengiriman akan berlangsung.

5.      Mengirimkan Offline Messages
Offline Messages berguna untuk mengirimkan pesan kepada ID yang dituju ketika ID tersebut offline. Langkah-langkah untuk mengirimkan offline message adalah sebagai berikut.
  1. Klik ID yang dituju.
  2. Input pesan yang akan dikirimkan.
  3. Klik Send.

6.      Menggunakan MIRC
MIRC adalah salah satu program untuk chatting di antara sekian banyak program chatting yang lainnya, seperti MediaRingTalk, ICQ, GTalk, dan sebagainya. Dengan chatting kita dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa tulisan (ketikan). Untuk menggunakan MIRC, lakukan instalasi mIRC di komputer kita. Setelah melakukan instalasi, maka akan tampak ikon mIRC pada dekstop. Untuk menjalankannya kliklah dua kali ikon MIRC atau kliklah Start – Programs – MIRC, maka akan tampak layar MIRC.
  1. Sebelum menggunakan program ini, lakukan konfigurasi terhadap MIRC. Caranya adalah pilih menu File – Option, maka akan tampak layar Option.
  2. Kemudian settinglah IRC Server untuk Indonet dengan cara kliklah Add, maka akan tampak layar MIRC Add Server. Isilah Indonet pada kolom Description, sedangkan pada kolom IRC Server diisi: irc.indo.net.id. Kemudian, kliklah Add.
  3. Kemudian isilah Full Name dengan nama kalian dan E-Mail Address dengan alamat e-mail kalian. Untuk Nickname dan Alternative dapat kalian isi dengan nama sebutan yang akan kalian gunakan di forum chatting.
  4. Setelah semua lengkap terisi, maka kliklah Connect to IRC Server untuk melakukan koneksi ke server yang sudah dipilih.
  5. Untuk memilih channel kliklah ikon Channel pada toolbar, maka akan tampak layar mIRC Channels Folder. Pilihlah salah satu channel yang tertera pada daftar, kemudian kliklah Join. Apabila kalian ingin menambahkan channel baru, isilah nama channel baru pada kolom Enter name of channel to join, kemudian klik Add.
  6. Setelah channel yang kalian pilih sudah tampak di layar, maka kalian sudah dapat melakukan chatting dengan rekan-rekan yang tergabung dalam channel tersebut.

7.      Etika Chatting
Chatting adalah berkomunikasi dengan orang lain. Sama seperti komunikasi kita sehari-hari, chatting juga mempunyai etika yang harus dijaga. Beberapa etika chatting yang perlu kita perhatikan adalah sebagai berikut.
  1. Gunakanlah bahasa yang sopan, kata-kata yang kurang sopan dan kasar menyebabkan kita dikeluarkan dari channel oleh operator channel.
  2. Jangan melakukan spam atau mengirimkan informasi/iklan yang tidak penting secara terus-menerus kepada orang lain. Hal tersebut dapat menyebabkan orang lain merasa terganggu.
  3. Jangan menggunakan huruf besar. Penggunaan huruf besar akan diartikan oleh orang lain bahwa kita sedang marah.
  4. Jangan menggunakan warna yang menyolok.
  5. Jika orang lain mengajak kita berbicara tentang topik yang kita tidak suka, tolaklah dengan cara yang halus.
  6. Hindari pertengkaran atau perdebatan yang sengit. Kita chatting untuk mencari teman dan menyenangkan diri, bukan mencari lawan dan membuat stress.
  7. Jika kita mendapatkan kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknya tidak usah melayani lagi dengan kata-kata yang sama.

8.      Manfaat dan Dampak Buruk Chatting
Chatting membuat komunikasi kita berjalan lancar karena bersifat real time dan berbiaya murah. Ada beberapa manfaat chatting yang dapat kita peroleh, antara lain sebagai berikut.
  1. Sarana murah dan mudah.
  2. Berhubungan dengan para pakar.
  3. Mengetahui isi buku.
  4. Mendapatkan teman baru.
  5. Sarana belajar dan diskusi.
Chatting dapat menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, kita perlu berhati-hati agar terhindar dari pengaruh negatif chatting. Beberapa dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh chatting adalah sebagai berikut.
  1. Mengobrol yang tidak senonoh.
  2. Komputer mudah terkena virus.
  3. Rematik dan otot pegal karena terlalu banyak duduk.
  4. Maniak chatting.
  5. Berhubungan dekat dengan orang yang tidak jelas.

D.   Cara Aman Menggunakan Internet dan Aplikasinya
Akses internet telah memungkinkan siapapun yang menggunakannya untuk memperoleh pengetahuan dan informasi mengenai apa saja serta berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh dunia. Untuk alasan inilah, maka penggunaan internet harus dilakukan dengan bijaksana. Hal ini dikarenakan tidak semua informasi yang kita peroleh dapat dipastikan kebenaran serta kelayakannya secara moral dan hukum. Kita harus mempertimbangkan faktor keamanan saat menggunakan fasilitas internet agar tidak menimbulkan
masalah di kemudian hari. Berikut adalah tips aman dalam menggunakan media internet.

1.      Mencari Informasi di Internet
Mencari informasi di internet memang sangat mudah dan cepat. Namun, perlu diwaspadai bahwa informasi yang tersedia di internet tidak seluruhnya sesuai dengan keinginan kita. Berikut ini adalah cara aman untuk mencari informasi di internet.
  1. Carilah informasi di situs-situs resmi, karena hanya situs resmilah yang kelayakan dan kebenaran beritanya dapat dipercaya.
  2. Cek dan double cek (validasi) kebenaran berita/informasi di internet dengan cara berikut:
1)      Sebelum mengambil berita/informasi dari sebuah situs, periksalah tujuan dari pembuatan suatu situs. Sebuah situs yang diciptakan untuk menyebarluaskan suatu misi/ideologi tertentu akan memuat artikel-artikel yang sejalan dengan misinya. Oleh karena itu, informasi yang diperoleh menjadi bias oleh kepentingan kelompok tertentu dan tidak lagi faktual sifatnya. Beberapa dari tujuan pembuatan situs di antaranya adalah untuk media penawaran/penjualan, menyebarluaskan informasi, hiburan, konsultasi, dan sebagainya.
2)      Periksalah latar belakang si penulis artikel/berita atau situs.
3)      Periksalah URL atau alamat situsnya. Kelayakan suatu informasi dapat dinilai dengan melihat apakah suatu situs adalah situs resmi atau pribadi. Contoh: http://www.cdsinet.net/users/bartlett  dan  http://www.alphalink.com.au/~jdm/index.htm  adalah dua contoh situs pribadi. Pada contoh pertama kata “users” menunjukkan bahwa ini adalah alamat situs pribadi milik seseorang bernama Bartlett. Pada contoh kedua symbol “~” menunjukkan bahwa situs ini adalah situs pribadi yang dibuat oleh seseorang yang memperoleh jatah dari Internet Service Provider (ISP). Dengan demikian, dapat diketahui dari alamat situs berikut http://pubweb.northwestern.edu/~abutz/di/intro.html , situs ini bukalanlah situs resmi Universitas Northwestern di Amerika Serikat, melainkan adalah situs buatan seseorang bernama Butz.
  1. Ingat baik-baik bahwa tidak semua hal yang kita baca/temui di internet adalah benar. Penawaran yang bersifat “terlalu indah” bisa jadi merupakan tipuan. Misalnya, penawaran kredit dengan janji bunga kecil atau jaminan minimal. Cek dan double cek lagi kebenaran situsnya serta syarat-syarat yang ditawarkan, jangan sampai merugikan Anda pada akhirnya.
  2. Pertimbangkanlah dengan bijaksana sebelum memberikan informasi pribadi seperti usia, status, atau informasi keuangan (seperti nomer rekening, nama bank, dan sebagainya).
  3. Tanyalah pada operator IT yang bertugas di telecenter sebelum mendownload atau meng-install aplikasi komputer dari internet karena dapat merusak komputer (virus, worms, adware, spyware, dan sebagainya).
  4. Telecenter tidak dapat digunakan untuk mengakses situs yang menawarkan penggunaan obat-obatan terlarang, pornografi, alkohol, dan perakitan senjata berbahaya.
  5. Hindarilah situs-situs yang memungkinkan orang untuk melakukan perjudian. Situs seperti ini biasanya mendorong seseorang untuk menggunakan kartu kredit, menulis cek, atau mentransfer sejumlah uang.

2.      Berpartisipasi dalam chatting, bulletin boards, dan mailing list
Komunikasi dengan media internet sangat beragam macamnya seperti chatting, bulletin boards, dan mailing list.
  1. Hindari memberikan detail identitas seperti alamat rumah, nama sekolah (bagi pelajar), nomor telepon, usia, status, informasi keuangan (seperti nomor rekening, nama bank, dan sebagainya) pada orang yang tidak dikenal atau melalui layanan chatting, bulletin boards, dan media sejenis lainnya.
  2. Ingatlah bahwa kita tidak dapat melihat atau mendengar orang yang kita “temui” melalui jalur online. Sehingga seorang laki-laki yang berumur 40 tahun misalnya, dapat saja berpura-pura menjadi seorang anak perempuan berumur 12 tahun.
  3. Hindari membalas/merespon pesan yang ditemui di internet yang bersifat membujuk, memengaruhi, tidak sesuai dengan norma susila, mengancam, dan sebagainya.
  4. Berhati-hatilah dalam membuat janji untuk bertemu dengan orang yang “ditemui” online, membiarkannya datang ke rumah, atau melibatkan kita datang ke sebuah pertemuan. Lebih baik waspada daripada menyesal kemudian.
  5. Gunakan kata sandi (password) yang melibatkan huruf dan angka, serta lebih dari 8 karakter.
  6. Berhati-hatilah dalam membuka attachment dari sebuah e-mail. Sebaiknya tidak membuka attachment yang tidak diketahui isinya dan siapa pengirimnya. Sebaliknya bila kita mengirim attachment, jelaskan isi attachmentdengan benar. Seringkali attachment berisi worms atau virus yang akan membuat komputer bahkan jaringan komputer menjadi rusak parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar