Penerapan
Aplikasi Internet
Aplikasi internet ada berbagai macam, beberapa di
antaranya adalah e-mail, milis, dan chatting. Masing-masing aplikasi mempunyai
fungsi yang berbeda-beda. Dengan e-mail kita dapat menghemat waktu, tenaga, dan
uang untuk bertukar informasi dengan rekan-rekan kita di berbagai belahan dunia
dengan mudah. Milis membantu kita berdiskusi lebih mudah dan lebih cepat
mendapat respon dari anggota lainnya. Selain itu, informasi yang didapat lebih
banyak dan beragam. Chatting memungkinkan kita berinteraksi dengan orang lain
melalui pesan yang langsung dapat diterima dan dibalas oleh orang lain.
A.
Pengertian
E-Mail
Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah
electronic mail dan sering disingkat dengan e-mail adalah surat yang berbentuk
elektronik. Email merupakan salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang
paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan e-mail merupakan alat komunikasi
yang murah dan cepat. Dengan e-mail kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk
surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang
murah. E-mail yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah
e-mail tersebut dikirimkan. Biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya untuk
mengakses internet pada saat kita mengirimkan e-mail tersebut.
1.
Membuat
E-mail di Situs Yahoo
Agar seseorang mempunyai alamat e-mail, maka dapat dilakukan
dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.
Bukalah Internet Browser kalian, misalnya Internet Explorer.
(dapat juga menggunakan Mozilla Firefox, Opera, Safari, dan sebagainya).
c.
Setelah itu klik Sign Up.
d.
Kalian diharuskan untuk mengisi form registrasi yang telah
disediakan YahooMail secara lengkap.
e.
Form registrasi tersebut adalah sebagai berikut:
1)
Mengisi My Name.
First Name adalah nama depan kalian dan Last Name adalah nama belakang
kalian. Jika seorang hanya mempunyai nama satu kata saja, maka First Name dan
Last Name ditulis dengan nama yang sama.
2)
Mengisi Gender. Pilihlah Male untuk jenis kelamin laki-laki atau Female
untuk jenis kelamin perempuan.
3)
Mengisi Birthday (tanggal kelahiran). Select Month (bulan
kelahiran), Day (tanggal lahir), dan Year (tahun lahir). Isi sesuai dengan
tanggal kelahiran kalian.
4)
Mengisi I Live in. Pilihlah Indonesia.
5)
Mengisi Postal Code (kode pos). Isikan kode pos tempat tinggal Kita.
6)
Mengisi YahooID and Email.
Isikan nama e-mail kalian. Pilih nama e-mail yang mudah diingat. Misalnya,
kita menggunakan nama poss_ub, maka secara otomatis nama e-mail kita adalah poss_ub@yahoo.com YahooID terdiri. dari
huruf a-z, angka 0-9, dan atau penghubung garis bawah (underscores).
7)
Mengisi Password dan Re-type Password.
Isi passwordnya dengan karakter huruf, angka, atau gabungan dari keduanya.
Password tidak boleh lupa, karena jika seandainya lupa, maka kita nanti akan
kerepotan dan tidak dapat membuka alamat email yang kita buat. Tulislah
password kalian pada kolom Password dan Re-type Password dengan password yang sama.
8)
Mengisi Alternate E-mail (optional): Tidak wajib diisi atau boleh
diisi jika sudah punya alamat e-mail lain.
9)
Mengisi Security Question. Digunakan apabila kita lupa terhadap password.
Kita dapat mengikuti petunjuk dengan security tersebut. Misalkan, kita memilih
Security Question: What is the last name of your favorite musician? Kemudian,
jawablah pada kolom Your Answer, misalnya: kerispatih.
10)
Mengisi Type the code shown. Isikan dengan kode yang tertulis pada
kotak yang ada di bawahnya, sama persis. Kode yang tertulis adalah LrMJu,
kemudian diisikan pada kolom Type the code shown.
f.
Setelah semuanya selesai, maka beri tanda √ pada Do you agree?
g.
Klik Create My Account.
h.
Jika berhasil, maka kalian akan masuk ke halaman
i.
Selanjutnya
klik Continue. Dan E-mail pun siap digunakan.
2.
Melihat
Isi E-mail Yahoo
Untuk melihat isi suatu e-mail, maka ikuti langkah-langkah sebagai
berikut :
a.
Masuk di halaman situs YahooMail ( http://mail.yahoo.com
).
b.
Selanjutnya akan muncul menu.
c.
Isilah Yahoo ID dan juga Password-nya, kemudian tekan enter.
d.
Setelah berhasil sign in, klik check e-mail.
e.
terlihat ada 2 surat yang masuk. Untuk melihat isi surat tersebut, maka klik pada
tulisan di bawah Subject.
3.
Mengirim
E-mail
Untuk mengirimkan suatu e-mail, maka ikuti langkah-langkah sebagai berikut.
b.
Selanjutnya akan muncul menu.
c.
Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya, kemudian klik sign in.
d.
Klik New.
e.
Isikan To (alamat tujuan e-mail), Subject (judul e-mail), dan isi
e-mail yang akan dikirimkan.
f.
Form yang wajib diisi adalah To (kepada siapa e-mail akan
dikirimkan), Subject,
dan isi e-mail/pesan yang akan dikirimkan ke alamat tujuan. Kolom Cc boleh
kalian kosongkan. Setelah semuanya lengkap, maka klik Send.
4.
Attach
File
Di dalam e-mail ada fasilitas yang namanya attach yang artinya
kita dapat melampirkan atau
menambahkan file tambahan pada e-mail tersebut. Kita dapat menambahkan file
yang berupa tulisan atau gambar atau gabungan dari keduanya. Untuk dapat
melakukan attach file, langkahnya sebagai berikut:
Ø
Masuk di halaman YahooMail ( http://mail.yahoo.com
).
Ø
Ketik YahooID dan juga Password kalian. Tekan enter.
Ø
Isilah form yang telah disediakan, kemudian klik tombol Attach.
Ø
Pilih/Klik file yang akan di-Attachkan, kemudian klik Open.
Ø
Setelah file yang akan di-Attach dipilih, proses Attach Files akan
berlangsung, tunggu sampai proses selesai.
Ø
Setelah proses Attach Files selesai, kalian dapat klik Send untuk
mengirim file yang
kalian Attachkan ke alamat tujuan. Selain Yahoo! mail, ada layanan e-mail lain
dalam dunia internet seperti gmail (google mail), hot mail, dan plasa.
5.
Etika
Mengirimkan E-mail
Sebagai alat komunikasi, penggunaan e-mail juga harus mematuhi
etikaetika agar komunikasi yang
dilakukan berjalan dengan baik. Komunikasi yang tidak disertai dengan etika
akan menyebabkan tujuan komunikasi tidak tercapai. Bentuk komunikasi lewat
e-mail berbeda dengan bentuk komunikasi biasa yang kita kenal selama ini.
Komunikasi biasa mempunyai etika sendiri, demikian juga berkomunikasi dengan
menggunakan e-mail. Beberapa etika mengirim e-mail yang perlu kita terapkan
adalah sebagai berikut.
a.
Salam
pembuka
Salam pembuka dapat berupa formal ataupun tidak formal, tergantung penerima e-mail.
b.
Perkenalkan
diri
Jika orang yang kita kirimi e-mail adalah orang yang tidak kenal dengan
kita, sebaiknya kita memperkenalkan diri terlebih dahulu.
c.
Langsung
ke pokok permasalahan
Membaca e-mail yang terlalu panjang dapat membosankan. Oleh
karena
itu, usahakan agar e-mail yang kita tulis tepat pada sasaran dan
tidak
bertele-tele, sehingga tidak perlu terlalu panjang
d.
Jawablah
semua pertanyaan
Jika kita membalas e-mail, usahakan agar semua informasi yang
ditanyakan
kita jawab. Bila kita tidak tahu, jawablah dengan tidak tahu. Pertanyaan yang
kita abaikan dapat membuat orang lain merasa tidak diperhatikan dan mungkin
saja pertanyaan yang sama akan ditanyakan lagi.
e.
Lakukan
pengeditan
Sebelum mengirim e-mail, kita sebaiknya mengedit kembali tulisan
email kita. Kalimat yang
tidak sesuai atau kesalahan dalam penulisan yang kita biarkan dapat memberikan
kesan yang tidak baik bagi penerima email.
f.
Gunakan
subjek yang sesuai
Subjek atau judul yang sesuai dengan isinya akan memudahkan penerima
e-mail menangkap informasi yang ingin kita sampaikan karenaudul e-mail akan
langsung membuka pikiran penerima akan topik yang kita bahas.
g.
Jangan
melakukan spam
Mungkin saja kita tidak sengaja melakukannya. Banyak orang tidak menyadari
jika mereka menggunakan alamat-alamat e-mail yang mereka peroleh dari forwarded
e-mail, kemudian menggunakannya tanpa permisi. Hal ini termasuk bentuk spam.
h.
Jangan
melampirkan file yang tidak perlu
Sering kali kita lupa menghapus file attachment pada saat
memforward
atau
mereply e-mail. File tersebut akan membuat kotak penerima e-mail menjadi penuh.
i.
Gunakan
huruf besar seperlunya
Dalam penulisan e-mail, kita tidak boleh menggunakan huruf besar semua.
Menulis dengan mengaktifkan huruf besar dapat diartikan sebagai pertanda
kemarahan atau kita sedang berteriak-teriak, oleh karena itu gunakan huruf
besar seperlunya saja.
j.
Jangan
terbawa emosi
Jika kita menerima e-mail yang kurang menyenangkan, jangan membalas
saat itu juga. Kita perlu memikirkan maksud sebenarnya. Kita sebaiknya menunggu
beberapa waktu sebelum membalasnya. Hal itu akan membuat emosi kita mereda.
Dengan demikian, kita dapat berpikir dan bertindak dengan kepala dingin.
Konsep e-mail sama dengan pengiriman surat melalui pos.
Masingmasing orang mempunyai kotak pos sendiri dengan alamat tersendiri. Kita tinggal
mengirimkan surat ke kotak pos tertentu dengan alamat tertentu pula. Kemudian
si penerima akan membuka kotak posnya dan menemukan surat yang kita kirim.
Demikian juga e-mail, masing-masing orang mempunyai alamat e-mail
sendiri-sendiri. Jika kita ingin mengirimkan e-mail, kita tinggal mengirimkan
ke alamat e-mail orang tersebut. E-mail kita akan ditemukan ketika orang
tersebut masuk ke kotak e-mailnya. Dilihat dari layanan yang diberikan, ada
tiga jenis email yang digunakan saat ini, yaitu POP Mail, E-mail berbasis web,
dan E-mail forwarding.
a.
POP
Mail
POP mail adalah e-mail yang diterima melalui internet service
provider yang menjadi langganan
kita. Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak
terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara
menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail
dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu
per satu e-mail yang diterima. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat
menghubungkan kembai komputer ke internet dan kemudian mengirimkan balasan
e-mail yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu
berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses menjadi lebih murah. Untuk
mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan mengirimkan balasannya, kita
harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Outlook
Express di komputer yang digunakan. Agar program itu dapat digunakan, kita
harus melakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu. Kekurangan dari
POP Mail adalah kita tidak dapat membuka email dari sembarang tempat. Jika
ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan
pengaturan ulang. Selain itu, jika kita menggunakan akses internet yang
perhitungan biayanya berdasarkan besar file yang didownload, bukan berdasarkan
lama koneksi, biaya yang dikeluarkan akan lebih besar.
b.
E-mail
berbasis web
E-mail berbasis web adalah layanan e-mail yang ditawarkan oleh website
penyedia jasa layanan e-mail, seperti yahoo, hotmail, bolehmail, lovemail,
plasa.com, dan lain-lain. Layanan e-mail jenis ini biasanya diberikan secara gratis
oleh website yang bersangkutan. Ini merupakan kelebihan dari e-mail berbasis
web. Selain itu, kita dapat mengecek e-mail dari mana saja. Kekurangan dari
e-mail jenis ini adalah kita dapat membaca e-mail hanya dalam kondisi online,
sehingga membutuhkan biaya koneksi ke internet yang lebih besar. Walaupun
demikian, beberapa website penyedia jasa layanan e-mail juga disertai dengan
fasilitas POP3.
c.
E-mail
forwarding
E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang
diterimanya ke alamat email yang lain. E-mail jenis ini bermanfaat bagi orang
yang suka ganti-ganti alamat e-mail. Kelebihan e-mail forwarding adalah kita
dapat menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya. Selain itu, bila kita
mengganti alamat e-mail, kita tidak perlu memberi tahu alamat e-mail yang baru.
Kita cukup memberikan alamat e-mail forwardingnya. Kekurangan e-mail jenis ini
adalah karena hanya bersifat perantara dan hanya meneruskan e-mail yang
diterima ke alamat lain, e-mail tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk
sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.
B.
Milis
(Mailing List)
Sebuah e-mail tidak hanya dapat dikirim kepada satu
orang saja, melainkan dapat dikirim ke sejumlah orang yang tergabung dalam
member (anggota) suatu milis.
1.
Pengertian
Mailing List
Mailing list merupakan salah satu fasilitas internet untuk
berdiskusi melalui e-mail. Kelompok diskusi mailing list ada banyak sekali dan
dibagi menjadi 2 kategori.
o
Berdasarkan topik, topik mailing list beraneka ragam mulai dari
tentang hobi memelihara ikan sampai penelitian tentang NASA, biasanya mailing list
ini terbuka untuk umum.
o
Berdasarkan kelompok tertentu, misalnya mailing list Medan-Linux,
HMI, Alumni-Binus, KAMMI, BEM, dan lain-lain. Biasanya mailing list ini tertutup
atau hanya untuk anggota saja.
Ada banyak sekali manfaat dan keuntungan yang akan kita peroleh
dengan aktif di berbagai diskusi di internet. Minimal sekali kita akan
bertambah ilmu dan teman. Akan lebih baik jika kita dapat menjawab beberapa
pertanyaan yang ada di mailing list. Seseorang yang secara konsisten dapat
menjawab dengan baik berbagai pertanyaan akan menjadi panutan bagi banyak
rekan-rekan lain di mailing list.
Pada saat ini ada dua (2)
tempat mailing list terbesar di dunia, yaitu sebagai berikut.
Ada beberapa server mailing list di Indonesia, dua (2) Server
mailing list yang cukup besar adalah sebagai berikut.
Logika penggunaan mailing list sangat sederhana, yaitu sebagai
berikut.
a.
Pengguna berlangganan ke sebuah mailing list, misalnya dengan cara
mengirim e-mail ke alamat topikdiskusi-subscribe@yahoogroups.com
b.
Diskusi akan dikirimkan ke alamat e-mail oleh mailing list server.
c.
Jika kita ingin bertanya atau berkomentar dapat dilakukan dengan mengirimkan
e-mail ke alamat topikdiskusi@yahoogroups.com
Beberapa contoh alamat mailing list yang akan sangat bermanfaat
untuk berdiskusi masalah teknologi informasi adalah sebagai berikut.
Dalam dunia pendidikan juga terdapat mailing list yang khusus
membahas masalah pendidikan. Mailing list dunia pendidikan adalah sebagai
berikut.
2.
Pendaftaran
Mailing List
Mailing list diatur oleh server mailing list. Server atau penyedia
mailing list gratis yang paling terkenal adalah Yahoogroups. Untuk mengikuti
mailing list, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Cara pendaftaran mailing
list ada dua cara yaitu via web dan via e-mail.
a.
Via web
Pendaftaran mailing list melalui web, misalnya mailing list di Yahoogroups sebagai
berikut.
2)
Misalnya nama milis ilmukomputer.com, maka url homepage milis di http://groups.yahoo.com/group/ilmukomputer .
3)
Kemudian, klik Join untuk mendaftar dan ketik alamat e-mail
kalian.
b.
Via e-mail
Pendaftaran mailing list melalui e-mail caranya dapat diuraikan
sebagai berikut. Kirim e-mail ke namamilis- subscribe@yahoogroups.com . Misal nama
milisnya temanggung, maka kirim e-mail ke temanggung@yahoogroups.com . Setelah mendaftar
mailing list (baik via web atau via e-mail), maka secara otomatis server
mailing list akan mengirim e-mail konfirmasi kepada subscriber (pendaftar). Cek
segera inbox e-mail kalian, bila pendaftaran yang pertama berhasil maka akan
ada message dari ‘Yahoo Groups’ dengan subject ‘Please Confirm Your..’. Segera
balas email tersebut apa adanya (tanpa dikotak-katik). Bila berhasil, kita
telah menjadi subsciber (anggota mailing list).
3.
Membuat
Mailing List Sendiri di Yahoo
Jika kalian sudah mempunyai e-mail, maka kalian dapat membuat
mailing list sendiri dengan langkah-langkah sebagai berikut.
b.
Setelah
muncul tampilan seperti di atas, maka klik “Sign In” jika kita sudah mempunyai
account di Yahoo. Jika tidak, maka pilih “Click here to register“ untuk
mendaftar. Perintahnya sama ketika kita membuat e-mail di Yahoo.com.
c.
Jika
kita ingin membuat group milis sendiri, maka klik “Start a new Group!“ dan
pilih kategori milis yang ingin kalian buat pada Browse Group Categories,
sesuaikan dengan pilihan yang disediakan. Misalnya Programming Languages dan
seterusnya.
d.
Setelah
selesai, maka klik “Place my group here”.
e.
Masukkan
nama grup pada kolom Group Name.
f.
Masukkan
e-mail kalian pada kolom Enter Your Group E-mail Address.
g.
Isikan
deskripsi dari milis kalian pada kolom Describe Your Group, berupa salam
pembuka untuk milis yang dimaksud.
h.
Setelah
selesai maka klik Continue untuk masuk ke step berikutnya.
i.
Isikan
Word Verification seperti pada gambar, kemudian dan klik Continue.
j.
Jika
berhasil, maka akan ditampilkan nama milis yang telah kita buat. Lalu lanjutkan
untuk membuat konfigurasi milis kalian dengan mengklik “Customize Group” atau
jika ingin standar, maka langsung saja ajak rekan-rekan kalian untuk bergabung
di milis kalian dengan mengklik “Invite People“.
4.
Membuka
dan Menjawab Diskusi Mailing List
Apabila kalian telah menjadi anggota mailing list, maka kotak
masuk email kalian akan dibanjiri dengan e-mail mengenai diskusi yang dilakukan
oleh anggota milis lain. Langkah-langkah untuk membuka dan menjawab diskusi milis
adalah sebagai berikut.
a)
Pada halaman inbox, buka mailing list yang masuk dengan cara
mengklik judul mailing list tersebut. Ciri e-mail mailing list ilmukomputer
adalah judul e-mailnya diawali dengan Subject:[ilmukomputer], OOT: Hasil Kloning
PC.
b)
Isi e-mail mailing list akan segera tampil pada halaman web.
c)
Untuk membalas e-mail tersebut, kilk ikon Reply.
d)
Selanjutnya akan muncul halaman seperti halaman compose, hanya
bedanya pada To dan Subject sudah ada tulisan, kalian tidak perlu merubah kolom
tersebut.
e)
Ketiklah kata-kata balasannya, kemudian klik Send.
5.
Etika
dalam Milis
Milis sebagai alat komunikasi dalam sebuah kelompok mempunyai
beberapa aturan tambahan yang perlu diperhatikan. Berikut ini ada beberapa etika
yang perlu diperhatikan dalam diskusi di mailing list.
a.
Tidak
mengganti subjek saat diskusi sudah berganti topic
Seorang anggota yang tidak mengganti subjek saat diskusi berganti topik
akan dapat menyebabkan anggota milis yang lain menjadi kesal. Anggota milis
lain mungkin ingin melihat tanggapan si pengirim pada topik yang sedang dibahas
sesuai dengan subjek dan ternyata topik sudah berganti ke masalah yang lain.
b.
Mengirim
file besar kepada teman atau rekan kerja
Mengirimkan file-file yang besar melalui e-mail sering kali terasa
mengganggu. Hal ini akan membuat kotak surat penerima e-mail menjadi penuh.
c.
Posting
ke milis padahal seharusnya jalur pribadi
Kesalahan yang sering terjadi di milis adalah adanya anggota milis
yang ingin mengobrol dengan seseorang, namun e-mail yang dikirimkan bukan ke
alamat pribadi orang tersebut, melainkan ke alamat milis. Hal tersebut sering
terjadi karena pengirim hanya tahu menekan tombol reply dan langsung klik send.
Mengirimkan e-mail ke milis padahal e-mail tersebut bersifat pribadi atau hanya
ditujukan untuk orang tertentu akan membuat kesal anggota milis yang lain.
E-mail tersebut akan memenuhi kotak surat anggota milis.
d.
Mengirim
ulang e-mail
Mengirimkan e-mail berulang-ulang biasanya dilakukan oleh
orangorang yang mengirimkan pertanyaan kepada anggota milis. Namun, karena
tidak ada tanggapan dari anggota milis, orang tersebut kemudian mengirimkan
kembali e-mail dengan isi yang sama. Hal tersebut dilakukan karena pengirim
khawatir e-mailnya tidak sampai. Kebiasaan seperti ini akan membuat jengkel
penerima e-mail. Kita perlu menyadari bahwa milis adalah sarana diskusi yang
sukarela, jadi kita tidak perlu mengirimkan email yang sama berulang-ulang.
e.
Memposting
topik yang tidak pada tempatnya
Kita harus menyadari bahwa milis mempunyai anggota yang berbeda
latar belakang. Jika kita ingin membahas hal-hal di luar topic yang seharusnya,
sebaiknya kita mencari komunitas yang tepat, yang mempunyai latar belakang yang
sama dengan kita.
C.
Chatting
Chatting merupakan media komunikasi yang umumnya
digunakan olehcanak muda untuk berbagai tujuan. Manfaat yang dapat kita peroleh
melaluicchatting, antara lain bertambahnya sahabat atau teman baik dalam negeri
maupun luar negeri, belajar bahasa asing jika orang yang teman chatting kita berasal
dari luar negeri, serta bertambahnya pengetahuan karena banyak orang berwawasan
luas menggunakan media ini.
1.
Chatting
Menggunakan Yahoo Messenger
Sebelum menggunakan Yahoo Messenger, kita harus sudah memiliki
account di Yahoo. Berikut adalah langkah-langkah untuk chatting dengan orang
lain.
a.
Aktifkan
Yahoo Messenger
b.
Klik
menu Login.
c.
Masukkan
Yahoo ID dan Password kita
d.
Klik
Chat, maka akan tampil ruang chat (chat room) dan kalian dapat memilih
room mana yang kalian inginkan.
e. Setelah memilih salah satu room,
maka kalian dapat mengirimkan Personal Message (PM) kepada satu atau
beberapa ID yang tertera dengan cara mengklik double ID tersebut
2.
Menambah
Friend List
Melalui chatting, kita dapat menambah teman sebanyak-banyaknya. Untuk
menambahkan daftar teman pada Yahoo Messenger kalian, lakukan langkah-langkah
di bawah ini.
- Klik satu atau beberapa ID
- Klik Tambahkan Pengguna, kemudian klik Tambah sebagai Teman.
- Klik Berikutnya, kemudian klik Selesai.
3.
Melihat
Profile (View Profile)
Menu View Profile pada Yahoo Messenger bertujuan untuk melihat
profil dari ID yang dimaksud. Pada tampilan Personal Messenger (PM), lakukanlah
langkah-langkah berikut.
- Klik Friend.
- Klik View Profiles, tunggulah beberapa saat, maka profil akan ditampilkan dalam browser (Internet Explorer).
4.
Mengirim File
Jika kalian ingin mengirimkan file kepada ID tertentu, maka dapat
dilakukan melalui Personal Messenger PM dengan cara sebagai berikut.
- Klik Friend.
- Klik Send File.
- Klik Browse, pilih di mana file yang akan dikirimkan.
- Setelah selesai, klik Send.
Setelah langkah tersebut, maka proses pengiriman akan berlangsung.
5.
Mengirimkan Offline Messages
Offline Messages berguna untuk mengirimkan pesan kepada ID yang dituju
ketika ID tersebut offline. Langkah-langkah untuk mengirimkan offline message
adalah sebagai berikut.
- Klik ID yang dituju.
- Input pesan yang akan dikirimkan.
- Klik Send.
6.
Menggunakan MIRC
MIRC adalah salah satu program untuk chatting di antara sekian
banyak program chatting yang lainnya, seperti MediaRingTalk, ICQ, GTalk, dan sebagainya.
Dengan chatting kita dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa
tulisan (ketikan). Untuk menggunakan MIRC, lakukan instalasi mIRC di komputer kita.
Setelah melakukan instalasi, maka akan tampak ikon mIRC pada dekstop. Untuk
menjalankannya kliklah dua kali ikon MIRC atau kliklah Start – Programs – MIRC,
maka akan tampak layar MIRC.
- Sebelum menggunakan program ini, lakukan konfigurasi terhadap MIRC. Caranya adalah pilih menu File – Option, maka akan tampak layar Option.
- Kemudian settinglah IRC Server untuk Indonet dengan cara kliklah Add, maka akan tampak layar MIRC Add Server. Isilah Indonet pada kolom Description, sedangkan pada kolom IRC Server diisi: irc.indo.net.id. Kemudian, kliklah Add.
- Kemudian isilah Full Name dengan nama kalian dan E-Mail Address dengan alamat e-mail kalian. Untuk Nickname dan Alternative dapat kalian isi dengan nama sebutan yang akan kalian gunakan di forum chatting.
- Setelah semua lengkap terisi, maka kliklah Connect to IRC Server untuk melakukan koneksi ke server yang sudah dipilih.
- Untuk memilih channel kliklah ikon Channel pada toolbar, maka akan tampak layar mIRC Channels Folder. Pilihlah salah satu channel yang tertera pada daftar, kemudian kliklah Join. Apabila kalian ingin menambahkan channel baru, isilah nama channel baru pada kolom Enter name of channel to join, kemudian klik Add.
- Setelah channel yang kalian pilih sudah tampak di layar, maka kalian sudah dapat melakukan chatting dengan rekan-rekan yang tergabung dalam channel tersebut.
7.
Etika Chatting
Chatting adalah berkomunikasi dengan orang lain. Sama seperti
komunikasi kita sehari-hari, chatting juga mempunyai etika yang harus dijaga. Beberapa
etika chatting yang perlu kita perhatikan adalah sebagai berikut.
- Gunakanlah bahasa yang sopan, kata-kata yang kurang sopan dan kasar menyebabkan kita dikeluarkan dari channel oleh operator channel.
- Jangan melakukan spam atau mengirimkan informasi/iklan yang tidak penting secara terus-menerus kepada orang lain. Hal tersebut dapat menyebabkan orang lain merasa terganggu.
- Jangan menggunakan huruf besar. Penggunaan huruf besar akan diartikan oleh orang lain bahwa kita sedang marah.
- Jangan menggunakan warna yang menyolok.
- Jika orang lain mengajak kita berbicara tentang topik yang kita tidak suka, tolaklah dengan cara yang halus.
- Hindari pertengkaran atau perdebatan yang sengit. Kita chatting untuk mencari teman dan menyenangkan diri, bukan mencari lawan dan membuat stress.
- Jika kita mendapatkan kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknya tidak usah melayani lagi dengan kata-kata yang sama.
8.
Manfaat dan Dampak Buruk Chatting
Chatting membuat komunikasi kita berjalan lancar karena bersifat
real time dan berbiaya murah. Ada beberapa manfaat chatting yang dapat kita
peroleh, antara lain sebagai berikut.
- Sarana murah dan mudah.
- Berhubungan dengan para pakar.
- Mengetahui isi buku.
- Mendapatkan teman baru.
- Sarana belajar dan diskusi.
Chatting dapat menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, kita
perlu berhati-hati agar terhindar dari pengaruh negatif chatting. Beberapa
dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh chatting adalah sebagai berikut.
- Mengobrol yang tidak senonoh.
- Komputer mudah terkena virus.
- Rematik dan otot pegal karena terlalu banyak duduk.
- Maniak chatting.
- Berhubungan dekat dengan orang yang tidak jelas.
D.
Cara
Aman Menggunakan Internet dan Aplikasinya
Akses internet telah memungkinkan siapapun yang
menggunakannya untuk memperoleh pengetahuan dan informasi mengenai apa saja
serta berkomunikasi dengan orang lain dari seluruh dunia. Untuk alasan inilah,
maka penggunaan internet harus dilakukan dengan bijaksana. Hal ini dikarenakan tidak
semua informasi yang kita peroleh dapat dipastikan kebenaran serta kelayakannya
secara moral dan hukum. Kita harus mempertimbangkan faktor keamanan saat
menggunakan fasilitas internet agar tidak menimbulkan
masalah di kemudian hari. Berikut adalah tips aman
dalam menggunakan media internet.
1.
Mencari Informasi di Internet
Mencari informasi di internet memang sangat mudah dan cepat.
Namun, perlu diwaspadai bahwa informasi yang tersedia di internet tidak
seluruhnya sesuai dengan keinginan kita. Berikut ini adalah cara aman untuk
mencari informasi di internet.
- Carilah informasi di situs-situs resmi, karena hanya situs resmilah yang kelayakan dan kebenaran beritanya dapat dipercaya.
- Cek dan double cek (validasi) kebenaran berita/informasi di internet dengan cara berikut:
1)
Sebelum mengambil berita/informasi dari sebuah situs, periksalah
tujuan dari pembuatan suatu situs. Sebuah situs yang diciptakan untuk
menyebarluaskan suatu misi/ideologi tertentu akan memuat artikel-artikel yang
sejalan dengan misinya. Oleh karena itu, informasi yang diperoleh menjadi bias
oleh kepentingan kelompok tertentu dan tidak lagi faktual sifatnya. Beberapa
dari tujuan pembuatan situs di antaranya adalah untuk media
penawaran/penjualan, menyebarluaskan informasi, hiburan, konsultasi, dan
sebagainya.
2)
Periksalah latar belakang si penulis artikel/berita atau situs.
3)
Periksalah URL atau alamat situsnya. Kelayakan suatu informasi
dapat dinilai dengan melihat apakah suatu situs adalah situs resmi atau
pribadi. Contoh: http://www.cdsinet.net/users/bartlett dan http://www.alphalink.com.au/~jdm/index.htm adalah dua contoh situs pribadi. Pada contoh pertama kata “users”
menunjukkan bahwa ini adalah alamat situs pribadi milik seseorang bernama
Bartlett. Pada contoh kedua symbol “~” menunjukkan bahwa situs ini adalah situs
pribadi yang dibuat oleh seseorang yang memperoleh jatah dari Internet Service
Provider (ISP). Dengan demikian, dapat diketahui dari alamat situs berikut http://pubweb.northwestern.edu/~abutz/di/intro.html , situs ini
bukalanlah situs resmi Universitas Northwestern di Amerika Serikat, melainkan adalah
situs buatan seseorang bernama Butz.
- Ingat baik-baik bahwa tidak semua hal yang kita baca/temui di internet adalah benar. Penawaran yang bersifat “terlalu indah” bisa jadi merupakan tipuan. Misalnya, penawaran kredit dengan janji bunga kecil atau jaminan minimal. Cek dan double cek lagi kebenaran situsnya serta syarat-syarat yang ditawarkan, jangan sampai merugikan Anda pada akhirnya.
- Pertimbangkanlah dengan bijaksana sebelum memberikan informasi pribadi seperti usia, status, atau informasi keuangan (seperti nomer rekening, nama bank, dan sebagainya).
- Tanyalah pada operator IT yang bertugas di telecenter sebelum mendownload atau meng-install aplikasi komputer dari internet karena dapat merusak komputer (virus, worms, adware, spyware, dan sebagainya).
- Telecenter tidak dapat digunakan untuk mengakses situs yang menawarkan penggunaan obat-obatan terlarang, pornografi, alkohol, dan perakitan senjata berbahaya.
- Hindarilah situs-situs yang memungkinkan orang untuk melakukan perjudian. Situs seperti ini biasanya mendorong seseorang untuk menggunakan kartu kredit, menulis cek, atau mentransfer sejumlah uang.
2.
Berpartisipasi dalam chatting, bulletin
boards, dan mailing list
Komunikasi dengan media internet sangat beragam macamnya seperti chatting,
bulletin boards, dan mailing list.
- Hindari memberikan detail identitas seperti alamat rumah, nama sekolah (bagi pelajar), nomor telepon, usia, status, informasi keuangan (seperti nomor rekening, nama bank, dan sebagainya) pada orang yang tidak dikenal atau melalui layanan chatting, bulletin boards, dan media sejenis lainnya.
- Ingatlah bahwa kita tidak dapat melihat atau mendengar orang yang kita “temui” melalui jalur online. Sehingga seorang laki-laki yang berumur 40 tahun misalnya, dapat saja berpura-pura menjadi seorang anak perempuan berumur 12 tahun.
- Hindari membalas/merespon pesan yang ditemui di internet yang bersifat membujuk, memengaruhi, tidak sesuai dengan norma susila, mengancam, dan sebagainya.
- Berhati-hatilah dalam membuat janji untuk bertemu dengan orang yang “ditemui” online, membiarkannya datang ke rumah, atau melibatkan kita datang ke sebuah pertemuan. Lebih baik waspada daripada menyesal kemudian.
- Gunakan kata sandi (password) yang melibatkan huruf dan angka, serta lebih dari 8 karakter.
- Berhati-hatilah dalam membuka attachment dari sebuah e-mail. Sebaiknya tidak membuka attachment yang tidak diketahui isinya dan siapa pengirimnya. Sebaliknya bila kita mengirim attachment, jelaskan isi attachmentdengan benar. Seringkali attachment berisi worms atau virus yang akan membuat komputer bahkan jaringan komputer menjadi rusak parah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar